Cukup Buat Menyambung Hidup, Tapi Susah untuk Gaya Hidup



SuaraJogja.id – Sehari kemarin Pemda DIY resmi menaikkan jumlah UMP DIY 2024. 

Diketahui UMP DIY 2024 naik sebanyak 7,27 persen dari yang sebelumnya Rp1.981.782 kini naik menjadi Rp2.125.897. 

Sebelum kenaikan UMP DIY 2024, tim Suarajogja.id sempat menanyakan kepada sejumlah karyawan dan buruh terkait upah yang mereka terima sehari-hari. 

Tak sedikit yang mengaku bahwa upah saat ini sangatlah mepet.

Hal itu seperti diungkap Erin (24). Salah satu karyawan toko di daerah Seturan mengaku selama ini upah yang diterima hanya cukup untuk biaya hidup sehari-hari saja.

Contohnya seperti makan, minum, dan kebutuhan primer lainnya. Jika berbicara mengenai gaya hidup, Erin mengaku akan sangat sulit jika tolok ukurnya adalah UMP DIY.

Terlebih, untuk para pekerja rantauan yang harus menyewa kos selama di Yogyakarta. Tentu akan lebih sulit lagi karena besaran upah harus dibagi lagi untuk bayar biaya kos. 

“UMP DIY menurut saya ya cuma bisa buat biaya hidup sehari-hari sih, makan, minum kaya gitu. Kalau untuk gaya hidup pasti susah ya. Apalagi kalau yang ngekos, pekerja rantauan itu makin susah lagi karena harus bayar kos juga, dan lain-lain.”, jelas Erin kepada suarajogja.id. 

Tak hanya Erin, Eko (35) salah satu karyawan lain mengatakan hal yang kurang lebih sama. 

Pria asal Muntilan ini mengaku UMP DIY sebetulnya tidak cukup untuk memenuhi biaya hidup di Yogyakarta. Justru cenderung harus sangat ditekan agar bisa cukup. 

Contohnya, kalau setiap hari makan di angkringan, mungkin…



Selengkapnya : https://jogja.suara.com/read/2023/11/22/132751/cerita-erin-hidup-dengan-ump-diy-cukup-buat-menyambung-hidup-tapi-susah-untuk-gaya-hidup

Sumber : https://jogja.suara.com/read/2023/11/22/132751/cerita-erin-hidup-dengan-ump-diy-cukup-buat-menyambung-hidup-tapi-susah-untuk-gaya-hidup