4 Wilayah di Indonesia Paling Baik Kelola Sampah dengan Metode TPS3R, Jogja Nanti Dulu Deh

[ad_1]

SuaraJogja.id – Sampah, merupakan masalah yang harus dihadapi seluruh manusia yang masih berniat hidup di bumi. Tak jarang hal kecil ini menimbulkan masalah besar jika sudah menggunung tinggi, apalagi tempat penampungannya sudah overload seperti yang terjadi di Jogja.

Tepatnya di TPST Piyungan, Bantul, DI Yogyakarta, tiga kabupaten kota yakni Jogja, Bantul dan Sleman, membuang sampah rumah tangga warganya ke lokasi ini. Meski sudah berkali-kali dibenahi hingga dibangun zona transisi dua, penampungan sampah itu dinilai tak mampu menjadi solusi. Terbaru, TPST Piyungan sendiri bakal menolak kiriman sampah dari tiga kabupaten kota yang disebutkan di atas.

Namun ada sejumlah wilayah yang diklaim mampu mengelola sampahnya menggunakan metode TPS3R. Metode ini dianggap cukup jitu karena mengelola sampah hingga menjadi residu terkecil dan masih memiliki nilai ekonomi, sesuai akronimnya, reduce (mengurangi), reuse (menggunakan ulang), recycle (mendaur ulang).

Berikut empat wilayah dengan metode TPS3R yang dianggap terbaik dalam mengelola sampah di daerahnya, dirangkum dari berbagai sumber.

Kota Surabaya

Dijuluki Kota Pahlawan, Surabaya masuk dalam jajaran wilayah yang cukup baik mengelola sampahnya. Pada tahun 2019, Surabaya dipilih sebagai tuan rumah Forum Regional 3R yang berkaitan dengan pengelolaan sampah dengan mengundang berbagai negara se-Asia Pasifik.

Menggunakan metode yang dilakukan cukup lama, 3R sendiri diklaim berjalan mulus di Surabaya. Indikator mulus dan suksesnya dalam pengelolaan sampah dengan tumbuhnya bank sampah sejumlah daerah termasuk edukasi dan penerapan reduce (mengurangi) sampah di sekolah-sekolah.

Hasilnya, penurunan produksi sampah di Surabaya saat itu cukup signifikan, dari 2.300 meter kubik per hari yang masuk ke TPA, berkurang menjadi 1.200 meter kubik sampah yang masuk ke pembuangan.

[ad_2]

Selengkapnya : https://jogja.suara.com/read/2023/11/29/124519/4-wilayah-di-indonesia-paling-baik-kelola-sampah-dengan-metode-tps3r-jogja-nanti-dulu-deh

Sumber : https://jogja.suara.com/read/2023/11/29/124519/4-wilayah-di-indonesia-paling-baik-kelola-sampah-dengan-metode-tps3r-jogja-nanti-dulu-deh