Bersama Efek Rumah Kaca, JAFF 2023 Lebih dari sekadar Festival Film

[ad_1]

SuaraJogja.id – Magis, mungkin salah satu kata yang tepat untuk menggambarkan suasana malam di studio 1 bioskop Empire XXI Yogyakarta. Sebab kali ini bukan semata soal datang, duduk, diam dan menonton film.

Itu berkat kehadiran Efek Rumah Kaca (ERK). Band yang terbentuk sejak 2001 itu mengisi keheningan studio bioskop malam itu dengan program khusus yang dinamai “Rimpang Dilayarkan dan Dirayakan”.

Dalam program itu, ada lima video musik dari lima lagu dari album terbaru ERK, ‘Rimpang’. Lima lagu dari album keempat ERK yang rilis Januari lalu itu yakni “Bersemi Sekebun”, “Fun Kaya Fun”, “Rimpang”, “Manifesto”, dan “Heroik”.

Spesialnya lima video musik itu perdana disaksikan khalayak umum di JAFF 2023 kali ini. Program video musik ini bisa dibilang baru ketika dilakukan di dalam JAFF yang kini sudah berusia 18 tahun.

Tak ingin hanya menyuguhkan lima karya dari lima video musik mereka, ERK yang hadir dengan personel lengkap yakni Cholil Mahmud (vokal, gitar), Poppie Airil (bas, vokal latar), Akbar Bagus Sudibyo (drum, vokal latar), dan Reza Ryan (gitar) juga melantunkan lagu-lagu andalan mereka di dalam sebuah studio bioskop. Pengalaman yang jarang akan dijumpai di dalam sebuah festival film.

“Iya ini pertama kali ya [tampil di festival film] sebenarnya main di bioskop pernah, tapi di festival film baru sekali ini sih ya. Ya semoga mengena di hati banyak yang nonton gitu ya,” kata Cholil ditemui seusai acara, Selasa (28/11/2023) malam.

Ruangan bioskop yang tak seberapa luas itu justru membentuk atmosfer tersendiri. Dibuka dengan lantunan “Sondang”, “Melankolia” hingga “Putih”, para penonton seolah terhipnotis dalam pertunjukan itu. Laiknya hadir dalam sebuah intimate concert.

Seperti tak ingin menggangu studio sebelah yang dimungkinkan masih memutar film, ERK menyuguhkan lagu-lagu pelan mereka. Namun semakin ke belakang, semua semakin tak ragu untuk mengeluarkan energi itu.

[ad_2]

Selengkapnya : https://jogja.suara.com/read/2023/11/29/092941/bersama-efek-rumah-kaca-jaff-2023-lebih-dari-sekadar-festival-film

Sumber : https://jogja.suara.com/read/2023/11/29/092941/bersama-efek-rumah-kaca-jaff-2023-lebih-dari-sekadar-festival-film