HOAX! Gibran Babak Belur Diamuk Ribuan Warga Solo

[ad_1]

TRIBUNJOGJA.COM – Beredar sebuah unggahan video pada platform Facebook disertai dengan narasi yang menyebutkan “Gibran Babak Be1ur Ribuan Warga Solo Ng4muk Lakukan T1ndakan Ini”.

Dalam video tersebut juga terdapat gambar thumbnail yang memperlihatkan calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka sedang diamankan aparat dari kerumunan masa.

Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan gambar thumbnail yang terlihat pada video unggahan tersebut merupakan hasil suntingan.

Faktanya, gambar serupa ditemukan pada artikel berita regional.kompas.com yang diunggah pada 16 Juli 2021 dengan judul “Demo Tolak PPKM Mikro di Ambon Berujung Bentrok, Sejumlah Mahasiswa Ditangkap”.

Pada gambar asli, pria yang diamankan bukanlah Gibran Rakabuming Raka melainkan mahasiswa yang sedang melakukan unjuk rasa di Kota Ambon, Provinsi Maluku.

Selain itu, setelah disimak sampai akhir video, tidak ditemukan pernyataan yang menyebutkan Gibran Rakabuming Raka babak belur karena diamuk warga Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan ulang artikel di laman seword.com dengan judul “Gibran Versus Rakyat”.

Baca juga: HOAX! UNHCR Meminta Pemerintah Indonesia Berikan Tempat Tinggal dan KTP ke Pengungsi Rohingya

Adapun menjelang Pemilu, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengimbau agar warga masyarakat mewaspadai penyebaran informasi hoax.

Kondisi itu harus menjadi perhatian bersama. Pasalnya, keberadaan hoaks mengenai Pemilu tidak hanya menurunkan kualitas demokrasi namun berpotensi memecah belah bangsa.

Tidak hanya menyasar para bacapres dan bacawapres. isu hoaks dan disinformasi yang kami temukan turut menyasar reputasi KPU dan penyelenggaraan pemilu untuk menimbulkan distrust terhadap Pemilu.

Kementerian Kominfo mengimbau masyarakat untuk berhati-hati ketika mendapatkan informasi yang dapat dimanipulasi atau diselewengkan.

Kominfo pun turut mengimbau agar masyarakat selalu merujuk sumber-sumber tepercaya seperti situs pemerintah dan/atau media yang kredibel.(*)

 



[ad_2]

Selengkapnya : https://jogja.tribunnews.com/2023/12/11/hoax-gibran-babak-belur-diamuk-ribuan-warga-solo

Sumber : https://jogja.tribunnews.com/2023/12/11/hoax-gibran-babak-belur-diamuk-ribuan-warga-solo