Kejari Kulon Progo Gelar Sosialisasi Pendidikan di Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia

[ad_1]

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kulon Progo menggelar sosialisasi pendidikan bagi pelajar pada Kamis (07/12/2023). Kegiatan ini bertempat di Aula Sadewa, Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kulon Progo.

Kepala Kejari Kulon Progo, Deddy Sutendy mengatakan sosialisasi tersebut digelar untuk memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia.

“Peringatan ini sebagai penanda bahwa korupsi adalah musuh utama dan jadi pusat masalah yang sifatnya korosif,” kata Deddy.

Pada tahun ini, tema yang diambil adalah “Sinergi Berantas Korupsi untuk Indonesia Maju”. Tema inilah yang jadi materi utama kegiatan sosialisasi hari ini.

Sosialisasi dilakukan pada para pelajar. Menurut Deddy, penting bagi para pelajar di Kulon Progo untuk memahami bahaya dari korupsi.

“Nanti mereka tahu seperti apa tindakan yang mengarah ke korupsi hingga dampak yang bisa ditimbulkan,” jelasnya.

Deddy menilai pelajar perlu mendapatkan pemahaman tentang korupsi agar mereka memahaminya sejak dini. Harapannya, aksi korupsi bisa ditekan seminimal mungkin.

Menurutnya, upaya pencegahan korupsi perlu melibatkan seluruh elemen masyarakat dan pemerintah. Apalagi titik paling rawan terjadinya korupsi ada pada sektor pelayanan publik.

“Situasi akan semakin berat jika korupsi terjadi di bidang pelayanan publik,” ujar Deddy.

Kepala Disdikpora Kulon Progo, Arif Prastowo pun mengapresiasi inisiatif Kejari Kulon Progo untuk menggelar sosialisasi ini. Sebab gerakan anti korupsi yang digaungkan bisa jadi pembekalan bagi pelajar.

Ia juga menyebut pembekalan ini juga akan membantu para pelajar dalam merencanakan masa depan. Sebab dari kegiatan ini, mereka bisa mengetahui lebih dalam tentang kegiatan di Kejari.

“Bukan tidak mungkin para pelajar ini nantinya akan berkiprah di bidang hukum seperti di Kejari,” kata Arif. (alx)



[ad_2]

Selengkapnya : https://jogja.tribunnews.com/2023/12/07/kejari-kulon-progo-gelar-sosialisasi-pendidikan-di-peringatan-hari-anti-korupsi-sedunia

Sumber : https://jogja.tribunnews.com/2023/12/07/kejari-kulon-progo-gelar-sosialisasi-pendidikan-di-peringatan-hari-anti-korupsi-sedunia