Tanggul Sungai Dengkeng Klaten Dibersihkan dan Ditanami Pohon, Cegah Banjir di Musim Hujan

[ad_1]

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN – Tanggul Sungai Dengkeng di Klaten mulai ditanami pohon untuk menghadapi musim hujan sekaligus antisipasi bencana banjir dan tanah longsor.

Kegiatan penanaman pohon itu dilakukan oleh Kodim 0723/Klaten berkolaborasi dengan Polres Klaten, relawan, Pemkab Klaten dan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWS), Sabtu (9/12/2023).

Agenda tersebut termasuk bagian dari Karya Bakti Penghijauan dan Bersih Sungai dalam rangka Hari Juang TNI AD.

Tema yang diambil adalah TNI Angkatan Darat Maju Bersama Rakyat.

“Kegiatan itu adalah pembersihan parit dan Sungai Dengkeng sepanjang 600 meter serta dilanjutkan dengan penanaman pohon di sepanjang tanggul sungai dengan jumlah kurang lebih 600 pohon,” ujar Letkol Czi Bambang Setyo Triwibowo, S.E., M.Han selaku Komandan Kodim 0723/Klaten .

Baca juga: 5 Resto yang Menyajikan View Air di Ponggok Klaten

Dia menjelaskan, pembersihan dan penanaman pohon di area Sungai Dengkeng adalah cara untuk mencegah banjir di Desa Burikan, Kecamatan Cawas, Klaten .

Biasanya, daerah itu menjadi langganan banjir ketika musim penghujan tiba.

Sehingga, adanya penanaman pohon buah dan pohon keras dapat mengurangi risiko banjir serta bisa memberikan nilai positif kepada warga masyarakat.

Bambang berharap, tanaman tersebut dapat dijaga, dipelihara dan dimanfaatkan sehingga bisa menambah pendapatan masyarakat.

Sementara, Wakil Bupati Klaten , Yoga Hardaya menambahkan, pihaknya menyambut baik kegiatan itu.

“Kegiatan penanaman ini merupakan kegiatan jangka panjang yang hasilnya akan kita nikmati di masa yang akan datang. Semoga dengan kegiatan penghijauan di wilayah Kab. Klaten ini bisa menjaga lingkungan kita tetap lestari,” terangnya. ( Tribunjogja.com )



[ad_2]

Selengkapnya : https://jogja.tribunnews.com/2023/12/10/tanggul-sungai-dengkeng-klaten-dibersihkan-dan-ditanami-pohon-cegah-banjir-di-musim-hujan

Sumber : https://jogja.tribunnews.com/2023/12/10/tanggul-sungai-dengkeng-klaten-dibersihkan-dan-ditanami-pohon-cegah-banjir-di-musim-hujan