UI-Universitas California kolaborasi penelitian – ANTARA News Yogyakarta

[ad_1]

Jakarta (ANTARA) – Universitas Indonesia, University of California Berkeley (UCB) dan University of California Davis (UCD) berkolaborasi penelitian hingga pendidikan bertaraf internasional sebagai duta riset (research ambassadors).

“Tak hanya berkunjung, tetapi juga memperluas cakupan kerja sama penelitian dan pendidikan dengan kedua universitas terkemuka di Amerika Serikat tersebut,” kata Wakil Rektor bidang Sumber Daya Manusia dan Aset UI Dedi Priadi kepada wartawan di Jakarta, Selasa.

Dedi menuturkan kunjungan dilakukan selama enam hari mulai dari 27 November hingga 2 Desember 2023.

Pertemuan ini melanjutkan kerjasama dengan UCB hingga berhasil berjalan setahun terakhir melalui program ‘Scholars Engagement Program for Natural Resources-Based Research and Innovation’ di FTUI.

Program kerjasama ini didanai sepenuhnya oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Adapun salah satu agenda utama kunjungan adalah patokan (benchmarking) kegiatan science techno park (STP).

“Di sini delegasi UI berkunjung ke Berkeley SkyDeck, sebuah lembaga akselerator dan inkubator teknologi di UCB, serta SCET UCB, pusat akademik di School of Engineering UCB yang menjadi tempat insinyur dan ilmuwan berkumpul untuk berinovasi, memproduksi, dan mengkomersialisasikan produk teknologi mereka,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, FTUI dan UCD mendiskusikan potensi kolaborasi program double degree untuk mahasiswa sarjana dan magister, pengiriman visiting professor dari UCD ke UI, serta joint supervision untuk mahasiswa program Doktor.

“UCD juga menawarkan mengirimkan tiga peneliti terbaik UI sebagai research ambassadors untuk melakukan penelitian bersama,” tambahnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: UI dan Universitas California kolaborasi penelitian internasional



[ad_2]

Selengkapnya : https://jogja.antaranews.com/berita/650985/ui-universitas-california-kolaborasi-penelitian

Sumber : https://jogja.antaranews.com/berita/650985/ui-universitas-california-kolaborasi-penelitian