Menilik Performa Debat Cawapres Kedua, Ada yang Belajar Banyak tapi Ada yang Panen Sentimen Negatif

[ad_1]

SuaraJogja.id – Pakar politik Universitas Gadjah Mada (UGM), Wawan Mas’udi memberikan pandangannya terhadap performa tiga cawapres dalam debat keempat Pilpres 2024 di Senayan, Jakarta pada Minggu (21/1/2024).

Satu pihak ada yang disebut telah belajar banyak dari debat sebelumnya. Namun satu pihak juga disebut justru panen sentimen negatif usai strateginya tak berhasil diulang.

“Saya kira memang secara objektif yang cawapres 01 memang cukup komperhensif dan sangat tertata ya dalam memaparkan apa yang ingin dilakukan dan itu saya kira Cak Imin belajar sangat banyak di debat pertama,” kata Wawan saat dihubungi awak media, Senin (22/1/2024).

Wawan menilai Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sudah menyadari betapa pentingnya mempersiapkan debat. Sehingga pada debat cawapres kedua pun akhirnya berhasil keluar dari tekanan dan tampil lebih baik.

Kemudian untuk cawapres nomor urut 3 Mahfud MD, kata Wawan, masih tampil cukup baik dengan kekuatannya. Mahfud tetap menunjukkan karakteristiknya dalam program-program yang akan dijalankan ke depan.

“Kalau Pak Mahfud saya kira dia juga tampil relatif oke dengan kekuatannya dan menunjukkan karakteristiknya bahwa pengelolaan sumber daya alam di Indonesia agar memberi kemanfaatan maka harus dimulai dengan prasyarat penegakkan hukum yang kuat karena dengan cara itu maka kemudian bisa dikelola secara jauh lebih bagus,” ungkapnya.

Sementara Gibran, cawapres nomor urut 2 tampil cenderung lebih ofensif. Hal itu ditunjukkan dengan penampilan yang tak jauh berbeda dengan debat cawapres pertama kemarin.

“Kalau Pak Gibran semalam di luar selain substansi yang tadi saya sampaikan memang nampaknya cenderung ofensif ya. Dengan cara mungkin ada aspek menggunakan strategi yang sama dengan debat pertama, menanyakan sesuatu yang itu kira-kira membuat orang…

[ad_2]

Selengkapnya : https://jogja.suara.com/read/2024/01/22/233000/menilik-performa-debat-cawapres-kedua-ada-yang-belajar-banyak-tapi-ada-yang-panen-sentimen-negatif

Sumber : https://jogja.suara.com/read/2024/01/22/233000/menilik-performa-debat-cawapres-kedua-ada-yang-belajar-banyak-tapi-ada-yang-panen-sentimen-negatif