7 Perguruan Pencak Silat Terkenal Indonesia yang Tersebar di Dunia, Nomor 1 Punya Muhammadiyah : Okezone Sports


TUJUH perguruan pencak silat terkenal Indonesia yang tersebar di dunia. Sejumlah nama sudah cukup familiar di telinga masyarakat.

Pencak silat merupakan olahraga beladiri asli Indonesia yang telah ada sejak zaman kerajaan. Pada masa lampau, beladiri ini digunakan sebagai sarana perlindungan diri dari serangan musuh. Untuk itu, gerakan silat bertujuan untuk melumpuhkan hingga membunuh lawan.

Pencak silat

Seiring berjalannya waktu, pencak silat terus mengalami perkembangan yang sangat pesat. Sederet perguruan pun bermunculan dengan teknik dan ciri khasnya masing-masing tanpa meninggalkan marwahnya sebagai sebuah beladiri asli Indonesia.

Bahkan, perkembangan silat tidak hanya ada di dalam negeri, melainkan juga berkembang hingga ke luar negeri. Hal ini tidak lepas dari perguruan pencak silat Indonesia yang mendirikan cabangan di berbagai negara.

Berikut 7 Perguruan Pencak Silat Terkenal Indonesia yang Tersebar di Dunia

7. IKSPI Kera Sakti

IKS PI Kera Sakti

Perguruan IKSPI Kera Sakti merupakan perguruan pencak silat asal Madiun, Jawa Timur. Aliran silat ini mengadaptasi gerakan kung fu utara. Tak ayal, perguruan ini mengalami perkembangan pesat hingga memiliki cabang di Malaysia, Timor Leste, Singapura, Tahiland, Brunei Darussalam, Korea Selatan, hingga ke Irlandia.

6. Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT)

PSHT

Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) merupakan salah satu perguruan pencak silat terbesar di Indonesia. Diketahui, ada sekitar 28 cabang perguruan ini yang tersebar di berbagai negara. Mulai dari negara Asia seperti Malaysia, Hong Kong, Jepang, dan Korea Selatan hingga ke Eropa seperti Belanda, Rusia, Belgia, serta Prancis.


Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

5. Setia Hati Winongo

Setia Hati Winongo

Perguruan pencak silat Setia Hati Winongo juga memiliki cabang di berbagai negara. Perguruan yang berasal dari Madiun, Jawa Timur ini diketahui memiliki cabang yang ada di Perancis dan juga Belanda.

4. Pagar Nusa

Pagar Nusa

Pagar Nusa merupakan perguruan pencak silat milik Nahdlatul Ulama (NU). Berdiri sejak 1986, perguruan ini telah tersebar ke berbagai penjuru dunia mulai dari negara Asia seperti Malaysia, Afrika seperti Azerbaijan, Maroko, Mesir, dan Tunia. Hingga ke Eropa seperti Swiss dan Austria.

3. Merpati Putih

Merpati Putih

Perguruan Pencak Silat (PPS) Beladiri Tangan Kosong (Betako) Merpati Putih merupakan aliran pencak silat yang diajarkan untuk kalangan keraton dan militer saja. Namun perlahan, perguruan ini mulai diajarkan untuk umum dan mulai tersebar ke seluruh dunia seperti di Belanda, Amerika Serikat, Filipina, serta Jepang.

2. Perisai Diri

Perisai Diri

Perisai diri merupakan perguruan pencak silat yang mengandung 156 unsur aliran silat dari berbagai daerah dan dipadukan dengan alisan Shaolin dari China. Saat ini, perguruan perisai diri telah berkembang ke luar negeri dengan mendirikan…



Selengkapnya : http://sport.okezone.com/read/2024/03/25/43/2987947/7-perguruan-pencak-silat-terkenal-indonesia-yang-tersebar-di-dunia-nomor-1-punya-muhammadiyah

Sumber : http://sport.okezone.com/read/2024/03/25/43/2987947/7-perguruan-pencak-silat-terkenal-indonesia-yang-tersebar-di-dunia-nomor-1-punya-muhammadiyah