9 Petitum Paslon Nomor Urut 1 ke MK dan Penjelasan Anies Soal Intervensi Kekuasaan di Pilpres 2024



TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA – Sidang sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) akhirnya digelar oleh Mahkamah Konstitusi pada Rabu (27/3/2024) hari ini.

Diketahui ada dua pasangan calon yakni nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang mengajukan gugatan PHPU ke MK.

Gugatan yang dilayangkan kubu Anies-Cak Imin teregister dengan nomor 1/PHPU.PRES-XXII/2024.

Dikutip dari Kompas.com, dalam berkas gugatan yang disampaikan oleh kubu Anies-Cak Imin ke MK, setidaknya ada 9 petitum atan permohonan.

Kesembilan permohonan itu yakni pertama meminta kepada majelis hakim MK untuk mengabulkan permohonan untuk seluruhnya.

Kemudian yang kedua, MK diminta membatalkan hasil perhitungan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait pemilihan presiden yang ditetapkan pada 20 Maret 2024 sepanjang diktum kesatu.

Permohonan ketiga, menyatakan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka didiskualifikasi sebagai peserta pilpres.

Keempat, MK diminta membatalkan keputusan KPU Nomor 1632 tentang penetapan capres-cawapres dan putusan KPU 1644 tentang penetapan nomor urut pasangan capres-cawapres yang berkaitan dengan paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran.

Permintaan kelima, MK diminta memerintahkan KPU melakukan pemungutan suara ulang pilpres tanpa Prabowo-Gibran.

Keenam, meminta MK memerintahkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) melakukan supervisi pelaksanaan putusan jika petitum dikabulkan.

Ketujuh, meminta MK memerintahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar bertindak netral dan tidak memobilisasi aparat sebagai alat yang menguntungkan salah satu paslon.

Permintaan kedelapan agar MK memerintahkan Kepolisian Republik Indonesia dan jajarannya netral dan profesional dalam pengamanan pilpres jika dilakukan pemungutan suara ulang.

Terakhir, MK diminta memerintahkan TNI beseta jajarannya membantu mengamankan proses pemungutan suara ulang.

Baca juga: Prabowo Akan Libatkan Jokowi dalam Menyusun Kabinet

Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan hadir di sidang perdana sengketa PHPU di Mahkamah Konstitusi ini.





Selengkapnya : https://jogja.tribunnews.com/2024/03/27/9-petitum-paslon-nomor-urut-1-ke-mk-dan-penjelasan-anies-soal-intervensi-kekuasaan-di-pilpres-2024

Sumber : https://jogja.tribunnews.com/2024/03/27/9-petitum-paslon-nomor-urut-1-ke-mk-dan-penjelasan-anies-soal-intervensi-kekuasaan-di-pilpres-2024