Jadi Agen UMi BRI, Nurul Bantu Para Pelaku Usaha Mikro Lepas dari Rentenir – Bagian 2



TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN – Keberadaan pembiayaan mikro UMi BRI tidak hanya membantu para pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis.

Bagi Nurul Farikhah (49), menjadi agen UMi BRI juga sangat menguntungkan.

Selain bisa memberi bantuan bagi teman-teman dalam mengakses permodalan formal, ia  mendapat keuntungan materi dalam setiap transaksi.

“Saya mendapat Rp25.000 setiap pencairan maupun pelunasan,” kata Nurul, agen pembiayaan UMi BRI “Anugerah 2” di seputar Pasar Tempel, Ngepos, Kalurahan Lumbungrejo, Kapenewon Tempel, Kabupaten Sleman, kepada Tribunjogja.com, Senin (25/3/2024).

Sebagai simulasi, misal dalam satu kali pinjaman, ketika pencairan Nurul dapat Rp25.000, ketika pelunasan dapat lagi Rp25.000

“Sangat menguntungkan dan ikut membantu menolong para pelaku usaha dalam mendapatkan permodalan,” kata Nurul.

Baca juga: Jadi Agen UMi BRI, Nurul Bantu Para Pelaku Usaha Mikro Lepas dari Rentenir – Bagian 1

Sri, pedagang di Pasar Tempel, mengaku terbantu dengan kehadiran agen UMi BRI yang dijalankan oleh Nurul.

Ia kini bisa fokus mengembangkan usaha tanpa harus khawatir dikejar-kejar oleh rentenir.

“Permodalan UMi BRI mudah diakses dan membantu usaha saya,” katanya.

Ia pun berharap UMi BRI semakin berkembang dengan menghadirkan program yang memudahkan para pelaku usaha mikro dalam mengembangkan bisnis.

Regional Micro Banking Head BRI Yogyakarta, Susanto, menjelaskan, untuk jadi agen UMi harus terlebih dahulu menjadi agen BRILink.

“Program UMi BRI diharapkan bisa membantu para pelaku usaha mikro dalam mengembangkan bisnisa agar kian berkembang,” terangnya, belum lama ini.

Baca juga: Tak Perlu Antre, Bayar Angsuran KUR BRI Bisa di Agen BRILink

Direktur Bisnis Mikro BRI, Supari, mengatakan bahwa permodalan UMi memberi layanan berprinsip go smaller.

Artinya, BRI menjangkau kebutuhan pembiayaan lebih kecil dengan tenor pendek dan proses cepat.

Syaratnya pun lebih mudah.

“Tujuan pembentukan Holding Ultra Mikro memang untuk melayani usaha ultra mikro dan UMKM. Harapannya, UMi BRI bisa memperluas jangkauan, memperdalam layanan, dan memberdayakan masyarakat secara berkelanjutan,” tegasnya.

Selama berdiri, Holding Ultra Mikro UMi telah memberi pelayanan kepada nasabah dengan produk lebih lengkap untuk para pelaku usaha di lapisan terbawah.

“Kami siapkan UMi Corner, yang menyediakan produk TabunganKu BRI, Pegadaian, PNM Mekaar, Pinjaman BRI, dan Tabungan Emas,” pungkasnya. (*)





Selengkapnya : https://jogja.tribunnews.com/2024/03/25/jadi-agen-umi-bri-nurul-bantu-para-pelaku-usaha-mikro-lepas-dari-rentenir-bagian-2

Sumber : https://jogja.tribunnews.com/2024/03/25/jadi-agen-umi-bri-nurul-bantu-para-pelaku-usaha-mikro-lepas-dari-rentenir-bagian-2