Perkuat pemasaran rajungan, pemerintah ajak forum komunikasi nelayan – ANTARA News Yogyakarta

[ad_1]

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggandeng Forum Komunikasi Nelayan Rajungan Nusantara dan usaha rintisan (startup) Fishlog guna memperkuat pemasaran rajungan tangkapan nelayan.
 

Adapun Forum Komunikasi (Forkom) Rajungan Jepara merupakan kumpulan nelayan rajungan yang menangkap dan menjual rajungan ke pengepul.

 

“Dari sisi hulu, Sustainable Fisheries Partnership (SFP) telah mendampingi para nelayan untuk menerapkan penangkapan rajungan secara berkelanjutan,” ujar Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PSDKP) KKP Budi Sulistiyanto di Jakarta, Senin.

 

Lewat nota kesepahaman antara Ditjen PDSPKP dengan Forkom dan Fishlog, Budi memastikan kehadiran KKP dalam fasilitasi penguatan kelembagaan dan akses pasar, terutama untuk menjembatani dalam mendapatkan harga yang lebih fair dan transparan.
 

 

Selain itu, bersama dengan SFP dan Fishlog sedang memfasilitasi Forkom dalam pengembangan usaha rajungan yang memenuhi sistem jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan. Selanjutnya, melakukan pendampingan dalam mengembangkan ekosistem bisnis, termasuk membangun jejaring ke lembaga keuangan dan pemasaran.

 

“Melalui skema ini, diharapkan akan terbentuk pola-pola usaha berbasis komunal,” ujarnya pula.

 

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KKP gandeng forum komunikasi nelayan perkuat pemasaran rajungan



[ad_2]

Selengkapnya : https://jogja.antaranews.com/berita/670818/perkuat-pemasaran-rajungan-pemerintah-ajak-forum-komunikasi-nelayan

Sumber : https://jogja.antaranews.com/berita/670818/perkuat-pemasaran-rajungan-pemerintah-ajak-forum-komunikasi-nelayan