DPC Partai Gerindra Kulon Progo Tegaskan Usung Calon Bupati di Pilkada 2024

[ad_1]

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kulon Progo hingga kini terus menggodok nama-nama yang akan diajukan ke Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Pelaksanaan Pilkada dijadwalkan pada November ini.

Sekretaris DPC Partai Gerindra Kulon Progo, Ady Sutrisno mengatakan ada arahan dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) DIY terkait Pilkada 2024.

Baca juga: Dinkes DIY Klaim Belum Temukan Kasus Flu Singapura di Jogja, Imbau Masyarakat Jalankan PHBS

“Arahannya bahwa Gerindra hanya mencari calon bupati di Pilkada 2024,” kata Ady ditemui di Wates pada Kamis (18/04/2024).

DPC Partai Gerindra Kulon Progo pun sampai sekarang masih melakukan penjaringan.

Namun setidaknya sudah ada 3 nama yang masuk dalam radar, yaitu Marija, Sukamta, dan Novida.

Ady mengatakan dari 3 nama tersebut, DPD Partai Gerindra DIY condong ke Marija.

Alasannya hanya ia satu-satunya calon yang menjadi kader resmi dari Partai Gerindra.

“Intinya Marija juga sudah mendapatkan restu dari DPD untuk maju mendapatkab rekomendasi dari DPP (Dewan Pimpinan Pusat),” ujarnya.

Marija yang asli Kapanewon Panjatan sempat menjadi Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) untuk Prabowo-Gibran di Kulon Progo.

Ia sebelumnya pernah berkarir sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sragen, Jawa Tengah selama 15 tahun.

Ady menyebut saat ini pihaknya juga mengintensifkan komunikasi dengan sejumlah partai politik (parpol) terkait Pilkada.

Terutama dengan parpol yang sebelumnya berkoalisi untuk mendukung Prabowo-Gibran di Pemilihan Presiden 2024.

Setidaknya ada 2 hal yang jadi bahasan utama dalam komunikasi tersebut. Antara lain menguatkan koalisi serta menggodok nama calon wakil bupati (wabup), sebab nantinya perlu diajukan ke DPP Partai Gerindra bersama calon bupati sebagai pasangannya.

“Secepatnya akan kami ajukan ke DPP Partai Gerindra, untuk pasangan calon (paslon) bupati dan wabup untuk Pilkada 2024,” jelas Ady.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulon Progo pun telah memulai sejumlah tahapan untuk Pilkada 2024. Pendaftaran paslon yang diusung parpol dibuka pada 27—29 Agustus 2024 mendatang.

KPU Kulon Progo pun juga membuka layanan konsultasi terkait tahapan Pilkada di kantornya. Konsultasi bisa dilakukan oleh calon peserta hingga dari parpol pengusung.

“Namun sejauh ini belum ada yang melakukan konsultasi ke kami, baik dari jalur perseorangan maupun dari parpol,” kata Ketua KPU Kulon Progo, Budi Priyana. (alx)



[ad_2]

Selengkapnya : https://jogja.tribunnews.com/2024/04/18/dpc-partai-gerindra-kulon-progo-tegaskan-usung-calon-bupati-di-pilkada-2024

Sumber : https://jogja.tribunnews.com/2024/04/18/dpc-partai-gerindra-kulon-progo-tegaskan-usung-calon-bupati-di-pilkada-2024